Pages

Jumat, 24 Februari 2012

Beberapa Jenis Hewan Langka yang Unik


Seperti yang telah kita ketahui, di bumi kita ini terdapat ribuan spesies hewan, mulai dari hewan yang hidup di darat, air, maupun di udara. Namun diantara sekian banyak macam hewan, ada beberapa jenis hewan langka yang memukau.

Semua hewan itu dianggap langka karena memiliki ciri khas yang unik dan populasinya tidak terlalu banyak. Bahkan, beberapa tahun belakangan ini ada beberapa peneliti yang menemukan beberapa spesies yang benar-benar langka dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Macam-Macam Hewan Langka

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui jenis hewan langka apa saja yang ditemukan? Berikut ini adalah beberapa contoh hewan langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

• Lobster biru

Jenis hewan langka yang satu ini memang berwarna biru, ditemukan oleh Bill Marconi yang sehari-hari menjadi nelayan sekaligus berbisnis lobster. Menurut para peneliti, lobster ini memang langka, kemungkinan adanya lobster biru ini hanya 1 dibanding 5 juta lobster.

• Red wolf

Serigala yang satu ini termasuk salah satu jenih hewan langka yang sudah sulit ditemukan. Warna bulu dari serigala ini tentu saja tidak merah, namun cokelat muda dan terlihat terang, berbeda dengan bulu serigala kebanyakan yang rata-rata berwarna abu-abu kehitaman atau cokelat gelap. Serigala langka ini ditemukan di daratan Amerika Utara dan diperkirakan jumlahnya tak lebih dari 100 ekor saja.

• Kura mata-mata

Kura-kura memang bukan hewan yang asing di telinga kita, namun bagaimana dengan kura mata-mata? Disebut demikian karena ia memiliki tubuh yang bisa berkamuflase dengan alam.

Ciri khasnya adalah bentuk tubuhnya yang unik, mulai dari kepala sampai tempurungnya yang hampir menyerupai daun kering. Kepalanya pipih dan kasar, tempurungnya juga kasar dan berwarna cokelat kehitaman.

• Katak ungu

Katak berwarna hijau pasti sudah biasa, tapi kalau katak ungu tentunya masih asing kita lihat. Katak yang satu ini memang masih dalam daftar hewan langka di dunia. Uniknya, katak ini juga memiliki moncong hidung yang kecil, karena itu katak yang ditemukan di India pada tahun 2003 ini sering disebut katak hidung.

• Blobfish

Jenis hewan langka lainnya juga ditemukan di daerah perairan Australia. Ikan berwarna putih pucat ini ditemukan melayang-layang di permukaan air. Tubuhnya terlihat sangat lunak dan tidak bersisik seperti ikan-ikan kebanyakan.

• Ubur-ubur unik

Ubur-ubur langka ini belum memiliki nama, ia ditemukan oleh peneliti bernama Lisa Gershwin di perairan Australia. Ubur-ubur ini masuk kategori unik dan langka karena memiliki perbedaan dengan ubur-ubur pada umumnya.

Biasanya, ubur-ubur bisa mengeluarkan cahaya sendiri dari dalam tubuhnya, namun ubur-ubur yang ditemukan oleh Lisa ini tidak mengeluarkan cahaya, melainkan memantulkan sinar yang menerpa tubuhnya sehingga tampak terang.

• Kuda laut walea

Salah satu jenis hewan langka ternyata berasal dari Indonesia. Nama kuda laut ini pun diambil dari nama sebuah pulau di Sulawesi. Kuda laut yang berwarna kecokelatan ini hanya sepanjang 2,5 cm.

• Laba-laba Madagascar

Afrika adalah salah satu benua yang memiliki beragam spesies hewan. Salah satu jenis hewan langka yang sangat unik juga ditemukan di sini. Laba-laba yang memang ditemukan di Madagascar ini memiliki keunikan pada bentuk sarangnya.

Sarang dari laba-laba ini sangatlah besar dan lebar, bisa mencapai 1 meter lebih, padahal ukuran laba-laba ini tergolong kecil. Betinanya berukuran sekitar 10 cm, sedangnya pejantang hanya berukuran 2,5 cm.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Hewan Unik. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates